Rabu, 31 Juli 2013

Tips Berlibur Hemat Ke Luar Negeri

Rabu, 31 Juli 2013 | 13:00 WIB Redaksi: Unknown

Sumber (tipsjalan.com) - Saatnya mengulas tentang tips hemat biaya jalan-jalan ke Luar Negeri. Artikel ini dipersembahkan untuk orang yang mau berjalan-jalan ke negeri tanpa melalui paket tour dari agen dan berdana pas-pasan. Ke luar negeri, tidak semahal yang Anda bayangkan. Untuk ke Eropa, tidak harus merogoh ribuan dolar AS.

Jalan-jalan ke Negeri Sakura, tidak perlu dana 3.000 dolar AS (sekitar 27 juta rupiah). Kalau mau menjadi traveler independen, Anda bisa memangkas biaya hingga 75 persen. “Saya baru saja keliling Jepang dengan 2.5 juta rupiah, lho. Itu termasuk ongkos menginap dan tiket pesawat berangkat pulang,” itulah sepenggal ucapan dari seseorang yang bernama Claudia beberapa waktu yang lalu. Yang perlu Anda lakukan ketika jalan-jalan keluar Negeri adalah mengubah pola pikir. Menginap tidak harus di hotel bintang lima.

Tips liburan murah ke Luar Negeri dari seorang pakar traveling mengatakan untuk mengombinasikan dua hal selama melakukan wisata ke luar Negeri, jalan kaki dan memakai transportasi umum. Jalan kaki menyehatkan badan. Jalan kaki memungkinkan Anda bisa menangkap banyak pemandangan indah lebih detail. “Kalau mau berfoto, bisa bangeeet. Enggak mungkin Anda naik taksi lalu minta berhenti untuk berfoto. Di Singapura misalnya, tempat jalan kakinya keren dan udaranya segar.

Kesalahan umum orang-orang yang mau berlibur ke luar negeri, perencanaan yang tidak cermat. Keuangan, akomodasi, dan berapa titik yang mau dilewati perlu disiapkan jauh-jauh hari. Januari, misalnya, Anda mendapat tiket ke Kuala Lumpur Rp. 178 ribu, berangkat Agustus. Kesalahan yang sering terjadi, setelah dapat tiket, tidak berbuat apa-apa. Setelah dapat tiket, seharusnya menabung.

Pehobi travelling kini bisa lebih sering melancong ke luar negeri dengan adanya promo tiket ke Luar Negeri. Sebab, bujet jalan-jalan ke luar negeri tak lagi semahal dulu. Kini penggemar tips wisata murah bisa memanfaatkan tarif tiket pesawat murah. Atau kalau mau lebih irit lagi, mereka memangkas bujet akomodasi ala backpackers. Selain ramah di dompet, hati pun puas bisa menikmati keindahan belahan dunia lain.

Jalan-jalan ke luar negeri tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Nah di bawah ini ada beberapa panduan untuk menghemat biaya jalan-jalan wisata ke luar negeri (LN), bagi yang duitnya gak ada nomor serinya, boleh dilewati.

Tips Hemat Biaya Jalan-jalan ke Luar Negeri

Tentukan budget jalan-jalan – Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah menentukan budget jalan-jalan. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan sekitar 30% untuk jaga-jaga. Dengan adanya budget awal, kamu akan mendapat batasan dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.
  • Pantau harga dollar 
– Untuk tahu kurs dollar terbaru .Apabila kebetulan dollar sedang jatuh, ada baiknya kamu segera membeli dollar. Untuk penukaran dalam jumlah besar, satu sen pun amat berarti.
  • Pantau promosi tiket pesawat murah 
– Sekarang ada banyak sekali penerbangan yang memberikan promo besar-besaran, bahkan hingga 0 rupiah. Tentunya 0 rupiah ini adalah taktik marketing, sehingga kamu perlu mencermati syarat-syaratnya agar tidak kecewa di kemudian hari. Kalau kamu sudah sepakat dengan segala konsekuensinya, promo ini mungkin cocok untuk kamu.
Pesan tiket di jauh-jauh hari dan bandingkan harga tiket antara satu maskapai penerbangan dengan yang lainnya – Seringkali maskapai penerbangan memberikan diskon apabila kita booking tiket di jauh-jauh hari, lakukanlah itu dan kemudian cek harga antara penerbangan yang satu dengan lainnya.
  • Gunakan transportasi publik untuk mengunjungi berbagai tempat wisata
– Hindari taksi sebisa mungkin, gunakan alat transportasi lokal untuk mendapatkan pengalaman hidup seperti warga setempat.
  • Gunakan kaki sebagai alat transportasi jika masih memungkinkan 
– Datangi objek-objek wisata yang dekat dengan penginapan kamu dengan berjalan kaki, oleh karena itu pesanlah penginapan yang strategis dan dekat dengan objek wisata yang ingin kamu datangi.
  • Bertanyalah kepada staf hostel atau guesthouse
– Tanyalah kepada mereka mengenai biaya standar transportasi dalam kota, dengan begitu kamu akan menghindari penipuan yang sering dilakukan oleh pengemudi kendaraan umum terhadap turis.
  • Hindari bagasi dan biaya porter dengan travel light 
– Hindari membayar lebih untuk ekstra bagasi dengan membawa barang seperlunya saja, sehingga muat untuk dibawa ke dalam kabin. Kamu pun terbebas dari antrian untuk check-in bagasi dan tidak perlu repot-repot menggunakan bantuan porter.
  • Gunakan kartu berlangganan 
– Kartu berlangganan (contoh: EZlink untuk MRT di Singapore) sangat berguna kalau kamu akan sering menggunakan transportasi publik. Hal ini pun akan mengatasi kerepotan karena perlunya menukarkan uang kecil untuk transportasi.
  • Cari penginapan murah yang layak, kemudian bandingkan harga booking online dan booking langsung dari website aslinya 
– Gunakan hostelworld.com dan website sejenis untuk mencari penginapan murah. Sebelumnya jangan lupa untuk memeriksa website penginapan yang telah kita pilih, karena terkadang lebih murah apabila kita booking langsung dari website aslinya. Kemudian lebih bagus lagi jika kamu mendapatkan penginapan yang menyediakan sarapan gratis untuk menghemat biaya makan.
  • Cari penginapan yang strategis 
– Penginapan yang dekat dengan berbagai objek wisata akan tentunya menghemat biaya transportasi.
  • Coba Couchsurfing 
– Kalau kamu tertarik untuk melebur dengan warga lokal dan mencoba mengikuti gaya hidup mereka, kamu bisa mencoba Couchsurfing.
  • Bermalam di bandara 
– Opsi ini bisa dilakukan kalau kamu punya waktu transit yang lama ke penerbangan lanjutan. Lihat website Sleeping in Airports untuk tips-tips bermalam di bandara beserta informasi detailnya.
  • Cari info objek wisata gratis 
– Banyak objek wisata menarik yang tidak memerlukan biaya tiket masuk (entrance fee). Googling dan mencari info mengenai hal ini akan menghemat banyak uang.
  • Prioritaskan objek wisata yang ingin didatangi 
– Seringkali objek wisata terkenal menetapkan tarif masuk yang tinggi. Tidak ada salahnya kalau kamu ingin sekali mendatangi objek wisata tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah mengimbanginya sesuai dengan budget jalan-jalan kamu.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Copyright © 2013. Kitakemana.net - First Blog Portal and Travel News in Indonesia
Website Created by #gembelpacker
Powered by Blogger