Selasa, 09 Juli 2013

Tips & Trik Mendapatkan Tiket Promo

Selasa, 09 Juli 2013 | 12:40 WIB Redaksi: Unknown

Depok, KitaKemana.net - Berlibur merupakan hal yang paling menyenangkan bagi berbagai kalangan usia. Tua - muda, laki-laki - perempuan, semua suka berlibur. Terutama dikala musim liburan, berbagai tempat wisata pun ramai dikunjungi wisatawan. Dari mulai wisata gunung, laut, pantai, ataupun taman bermain, semua penuh sesak. Banyak pula yang ingin menghabiskan waktu liburannya walau hanya dengan bersantai di rumah. Namun apa pun dan bagaimana pun cara seseorang untuk menghabiskan waktu liburannya, semua yang pasti untuk mendapatkan kesenangan semata. Dengan berlibur, dapat menghilangkan kebosanan akan rutinitas sehari-hari.

Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negri, sangat banyak tempat wisata di Indonesia ini yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Bali, yang sudah sangat mendunia karena wisata pantai nya. Bali menjadi icon dari Indonesia di kancah internasional. Bali juga menjadi daya tarik para wisman karena disebut-sebut sebagai surga nya para surfer. Ombak di pantai Blue Ocean (Uluwatu, Bali), sangat memanjakan para surfer untuk terus menantang deburan demi deburan ombak nya. Belum lagi tradisi yang masih sangat kental, menambah kekayaan Bali sehingga menjadikan Bali sebagai objek wisata terlaris, baik untuk turis domestik maupun turis internasional.

Masih banyak daerah lain di negri ini yang masih perlu dieksplore oleh tangan-tangan dari para petualang. Banyak cara untuk bisa mencapai berbagai tempat wisata. Berbagai destinasi ditawarkan oleh beberapa maskapai dengan harga terjangkau, sangat murah, bahkan bisa dibilang harga yang tidak masuk akal. Saya pernah dapat tiket seharga Rp 99.000 untuk rute Bandung-Surabaya dan Surabaya-Denpasar. Dan bahkan juga rute Surabaya-Makasar-Surabaya dengan harga Rp 91.218. Harga yang terbilang fantastis murahnya itu saya dapatkan dengan pesawat Air Asia dan Merpati. Sempat juga membooking rute Jakarta-Surabaya dengan harga Rp 79.000 dengan pesawat Mandala (yang baru-baru ini move on), namun tak sempat terissued karena kehabisan time limit. Dan yang sempat menghebohkan dan membuat saya galau akut adalah ketika Citilink mengeluarkan tiket seharga Rp 79.000 ke berbagai destinasi. Saya begadang sampai jam 03.00 pagi demi berburu tiket murah tersebut. Namun apa daya, website yang lemot itu membuat saya lama-lama pulas. Ok fix pada promo kali itu saya ketiduran.

Semakin  banyaknya promo tiket yang gencar ditawarkan berbagai maskapai membuat saya makin bisa mengetahui trik nya. At least, saya tidak ketiduran lagi ketika jam promo dibuka oleh maskapai. Berikut beberapa tips & trik untuk mendapatkan tiket promo dengan harga fantastis (read : harga yang cenderung tidak masuk akal karena terlalu murahnya. Bahkan sampai ada yang harga dasarnya Rp 1 untuk sekali jalan).

1. Rajin memantau website masing-masing maskapai yang biasa mengadakan promo tiket.
- Pada pesawat lokal, ada Merpati Airlines yang memberikan promo sesuai nama bulan (bang agus, bang jul, dll). Website nya dapat diakses di www.merpati.co.id. Saya sempat membooking tiket promo Jakarta - Lampung - Jakarta dengan harga Rp 160.000 pp. Namun belum sempat terissued karena tak ada teman untuk ngetrip.
- Kemudian pesawat lokal kedua ada Citilink, website nya dapat diakses di www.citilink.co.id. Destinasi Citilink kian beragam sekarang, tak seperti ketika baru pertama kali bergabung dengan Garuda Airlines.
- Pesawat Mandala Airlines yang baru saja move on, begitu sebutan saya dikarenakan sebagian saham Mandala yang dibeli oleh Tiger Airways, pesawat berbasis low cost carrier kepunyaan Singapura. Website nya dapat diakses di www.tigerairways.com. Saya pun sempat mendapat promo tiket Jakarta - Padang pp dengan harga Rp 435.000. Promo nya kala itu adalah semua destinasi starting Jakarta dihargai Rp 1, jadi sama saja dengan hanya membeli tiket kepulangan ke Jakarta dan pajaknya.
- Terakhir yang paling sering promo adalah Air Asia. Pesawat low cost carrier kepunyaan Malaysia ini mendapat 5x penghargaan sebagai "Maskapai Penerbangan Tarif Rendah Terbaik" selama 5 tahun berturut-turut. Dan website nya dapat diakses di www.airasia.com.

2. Ketika rajin memantau website dari masing-masing maskapai, dan tau kapan ada promo, siapkan semua data yang diperlukan. KTP, passport, key BCA, kartu kredit kartu ATM (tentunya yang saldonya mencukupi untuk berbelanja tiket promo, kalau minim saldo ya sama aja bohong). ID card (KTP, passport, atau SIM) diperlukan untuk input data di website pembelian tiket. Karena ada beberapa maskapai yang memerlukan tanggal lahir ketika proses penginputan data. Sementara key BCA, kartu kredit, dan kartu ATM, diperlukan ketika akan melakukan pembayaran tiket.

3. Promo tiket biasanya berlaku pada malam hari, bahkan tengah malam. Jadi bersedia begadang adalah satu-satunya hal yang wajib dilakoni oleh para pemburu tiket promo. Kalau mata sudah mulai sepet, sediakan kopi dan beberapa camilan supaya mata tetap terjaga sampai saatnya jam promo dibuka. Usahakan koneksi internet tidak ada hambatan, kuota full, batre pada laptop atau PC tablet juga full. Jangan ketika pada pertengahan proses booking tiket ada kendala yang sepele. Hal itu sangat mengganggu proses kelancaran dalam membooking tiket.

4. Ketika proses penginputan data, hilangkan tanda centang pada kolom "pilih kursi", "asuransi tambahan", dan "bagasi". Beberapa maskapai mengharuskan untuk tetap menambahkan bagasi pada pembelian tiket (terlebih ketika perjalanan dilakukan oleh 1 orang penumpang dengan rute domestik). Namun bisa diminimalisir dengan memilih bagasi dengan jumlah minimal (biasanya 15kg). Hal itu pun dapat menekan biaya saat pembelian tiket.

5. Sebelum proses pembayaran, cek kembali semua data reservasi. Cocokan dengan tanggal pada kalender dan kegiatan kita di kampus atau kantor. Saya beberapa kali dapat tiket sangat murah bahkan ketika weekend dan long weekend sekalipun. Sangat menguntungkn :) Usahakan pembayaran pakai klik BCA, karena itu tidak dikenakan administrasi tambahan. Kalau dengan kartu kredit, akan dikenakan biaya charge lainnya.

6. Setelah proses pembayaran dilakukan, jangan panik karena tiket tidak masuk ke email. Tunggu sampai dengan 1x24 jam, tiket pun akan masuk ke email. Namun jika email tiket belum juga masuk, berbagai hal bisa saja terjadi. Seperti kesalahan dalam menginput alamat email, atau pembayaran yang memang tidak sesuai. Coba hubungi call centre masing-masing maskapi untuk menanyakannya lebih lanjut.

7. Beberapa hal yang perlu diingat pada saat booking tiket promo adalah jangan terlalu lama berpikir atau berdiskusi. Tiket promo tidak bisa menunggu rencana kita bagaimana, tapi kecepatan kita dalam mendapatkannya. Ketika menemukan harga promo, langsung input data. Biasanya maskapai memberikan time limit sampai dengan 2-3 jam setelah proses booking. Nah, manfaatkan waktu tersebut untuk berpikir, berdiskusi, dan mengatur jadwal dengan kegiatan kita.

8. Sangat perlu diingat bahwa tiket promo hampir mustahil ada ketika high season dan long weekend, bahkan sangat jarang dibuka ketika weekend. Jadi berliburanlah ketika orang-orang bekerja, maka kita akan dapatkan tiket promo tersebut. Karena itu, sebisa mungkin fleksibel dengan waktu.

Nah, sekian ulasan mengenai tiket promo. Selamat berlibur.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Copyright © 2013. Kitakemana.net - First Blog Portal and Travel News in Indonesia
Website Created by #gembelpacker
Powered by Blogger