Jumat, 28 Juni 2013

Angsana, Kalsel: Sensasi Snorkeling Dikelilingi Kapal Tongkang Batubara

Jumat, 28 Juni 2013 | 15:46 WIB Redaksi: Septiana Pratiwi


Apa yang terlintas di benak anda jika mendengar kalimat ‘Kalimantan Selatan’?. Tentu bagi anda yang belum pernah ke Kalsel berpikir disana hanya ada  hutan dan sungai. Atau mungkin bagi anda yang lahir di tahun 80 atau 90-an akan teringat salah satu adegan ‘ibu-ibu’ berada di atas kapal di salah satu stasiun televisi swasta. Padahal tidak hanya itu saja, Kalsel juga punya underwater park yang bisa anda jadikan salah satu tujuan trip anda untuk wisata bahari. 

Angsana namanya. Memiliki pantai ‘perawan’ dengan pasir berwarna cream, juga beberapa spot snorkeling dan scuba diving dengan gugusan terumbu karang yang indah, visibility yang bagus, dan arus air laut yang tenang saat musim kemarau. Terletak di kecamatan Angsana. Letaknya di km 194 Jalan Raya Provinsi dari arah Sungai Danau ke Batulicin. Untuk sampai ke tempat ini diperlukan waktu 4,5 jam dari Kota Banjarmasin menggunakan kendaraan beroda empat. 




Jika anda sudah sampai Pantai Angsana, anda bisa tanya penduduk lokal untuk menyewa kapal dan alat snorkeling. Biasanya tarif sewa kapal bisa 300 – 400 ribu. Sedagkan alat snorkeling bisa anda sewa di sebuah toko yang berada di samping gerbang masuk Pantai Angsana, dengan tarif Rp.25.000/set. 
Di Angsana, ada beberapa spot snorkeling yang bagus yang bisa ditempuh selama 20 menit menggunakan kapal dari pantai. Diantaranya, Batu Bajangan, Batu Anjir, Karang Kima dan Sungai Dua Laut.
Masing – masing spot penyelaman memiliki perbedaan kedalaman dan bermacam jenis terumbu karang. Di empat spot penyelaman ini, anda juga akan menemui bermacam biota laut seperti ikan laut yang memiliki corak warna yang bervariasi  (salah satunya ikan badut atau Nemo), dan jika beruntung, anda bisa bertemu pari manta dan ubur - ubur plastik. 



Ada perbedaan yang sangat mencolok jika anda snorkeling di Angsana dibandingkan underwater park lainnya di Indonesia seperti Wakatobi, Bunaken, atau Raja Ampat. Hanya di Angsana-lah anda bisa ber-snorkeling ria dikelilingi oleh kapal tongkang batubara dengan jarak yang cukup jauh dari anda menyelam. 

Namun, bagi penduduk Kalsel, kapal tongkang batubara bukan menjadi keunikan yang dapat dibanggakan. Malah dapat menjadi salah satu ancaman terumbu karang . Tentu imbas nya akan merusak habitat asli ikan-ikan di dalam nya, karena ikan-ikan laut sangat bergantung pada terumbu karang. 

Saat ini, pemerintah daerah sedang gencar – gencarnya menyelamatkan wisata bahari ini. Anda juga tentunya bisa ikut menyelamatkan Angsana dengan menjadi turis untuk membantu pembangunan dan penyelamatan salah satu wisata bahari di Kalimantan Selatan ini.
 
*Sumber foto: septianapratiwi.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Copyright © 2013. Kitakemana.net - First Blog Portal and Travel News in Indonesia
Website Created by #gembelpacker
Powered by Blogger