Senin, 01 Juli 2013

10 Aneka Jajanan Tradisional Yang Populer

Senin, 01 Juli 2013 | 10:46 WIB Redaksi: Unknown

Seiring dengan benyak nya makanan-makanan lezat pada zaman moderen ini, namun rasa dari kue-kue tradisional tetap tidak ada tandingannya.

Berikut 10 aneka jajanan tradisional yang masih populer hingga sekarang.

1. Kue Lumpur

Pict by ragamaniaku.blogspot.com
Kue lumpur adalah penganan ringan dengan bahan utama santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi digunakan vanila dan seringkali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya.
Kue ini tergolong kue basah sehingga tidak tahan disimpan lama.

2, Kembang Gula Kelapa

Pict by flexmedia.co.id
Kue Kembang Gula Kelapa ini sangatlah lezat namun kue ini sudah jarang ditemukan di toko-toko yang menyediakan jajanan. Tetapi kita dapat membuat nya sendiri.

3. Kue Mangkok

Pict by resep.studiokita.net
Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. berbentuk seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue mangkok merupakan salah satu kue basah yang populer di Indonesia. 

4. Lumpia Rebung

Pict by kitabmasakan.com
Lumpia merupakan kue khas Semarang dengan bahan baku utamanya rebung (batang bambu muda) dan isianya ayam suwir, udang ataupun telur puyuh.

5. Onde-Onde

Pict by bhayangkaraonline.com
Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

6. Getuk Lindri

Pict by jenis-kue.blogspot.com
Getuk) adalah makanan ringan yang terbuat dengan bahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian kukus atau perebusan, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa.

7. Kue Cucur

Pict by roemahcucur.blogspot.com
Kue Cucur terbuat dari bahan-bahan berkualitas sehingga menjadikan Cucur sangat lembut dengan paduan rasa rempah-rempah alami. Kue Cucur ini memiliki varian rasa antara lain rasa original (Gula Merah), rasa pandan wangi, dan rasa mocca.

8. Klepon

Pict by hggghjj-gsatjy.blogspot.com
Klepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

9. Putu

Pict by en.m.wikipedia.org
Kue putu adalah jenis makanan Indonesia berupa kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan.

10. Carabikang

Pict by besekan.com
Carabikang atau juga bisa disebut kue bikang ini sangat enak. Carabikang juga dibuat dengan macam macam rasa dan warna sehingga lebih menarik.


Sumber, 
wisatakulinertasik.com
id.wikipedia.org
news.flyontiket.com
raja-resep.info

1 komentar:

Artikel Terbaru

 
Copyright © 2013. Kitakemana.net - First Blog Portal and Travel News in Indonesia
Website Created by #gembelpacker
Powered by Blogger