Jumat, 05 Juli 2013

Curug Bandung, Sisi Asri Kota Karawang

Jumat, 05 Juli 2013 | 08:39 WIB Redaksi: Weningratri

Curug Bandung, Karawang (Foto: jabarprov.go.id)
Depok, KitaKemana.net - Mendengar kata Karawang pasti pikiran kita akan membayangkan suasana kota yang panas, padat, dan gersang. Namun jangan salah, ternyata kota ini juga memiliki sisi asri dengan serangkaian curug yang masih alami di tengah hutan yang indah dan sejuk. Salah satu curug yang paling dikenal di Kota Karawang ini yaitu Curug Bandung. 

Curug Bandung merupakan Keajaiban Alam dengan 7 (tujuh) air terjun dalam satu aliran sungai, dari mulai Curug Peuteuy, Curug Picung dan yang terbesar adalah Curug Bandung, Curug ini berada dibawah kaki Gunung Sanggabuana, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang Selatan, 42 km dari pusat kota.

Curug dengan ketinggian sekitar 25 m ini, masih begitu alami karena akses menuju kesana hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki sejauh 3 km dari Jayanti. Jalur menuju ke curug ini berupa jalan setapak dari tanah yang naik dan turun, dengan pemandangan bukit-bukit hijau. Sungguh pemandangan yang luar biasa dengan tiket masuk hanya Rp 5.000,00.

Sayangnya, fasilitas pendukung di lokasi ini masih sangat minim, seperti ketiadaan mushola, kamar kecil, dan tempat ganti pakaian.  Selain itu, penataannya sangat semrawut dan tidak dikelola dengan baik, hal ini seperti terlihat dari banyak warung yang terletak hanya beberapa meter dari bibir curug sehingga sangat menggangu pemandangan.  Bahkan batu-batu di sepanjang aliran sungai banyak dicorat-coret oleh tangan jahil.

Jika anda memiliki hobi camping atau berkemah, disini juga tersedia lokasi camping di Curug Cigentis, tak jauh dari Curug Bandung. di Curug Cigentis ini sudah ada tempat penyewaan tenda dome untuk camping.
Curug Bandung, Karawang (Foto: jabarprov.go.id)
Untuk menuju ke lokasi Curug Bandung ini dari Jakarta, anda dapat menggunakan bus jurusan Karawang lalu turun di Jembatan Badami. Dari tempat ini, dilanjutkan dengan naik angkutan kota (elf) jurusan Loji lalu turun di Pasar Loji. Dari Pasar Loji dapat dilanjutkan dengan naik ojek ke lokasi wisata curug. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat melalui jalan Kalimalang-Cibitung-Cikarang-Karawang-Loji.

Selamat Menjelajah ^_^ 

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Copyright © 2013. Kitakemana.net - First Blog Portal and Travel News in Indonesia
Website Created by #gembelpacker
Powered by Blogger