Senin, 29 Juli 2013

Pesona Pulau Weh

Senin, 29 Juli 2013 | 14:38 WIB Redaksi: Unknown

Depok, KitaKemana.net - Sabang, merupakan kota paling ujung dari Pulau Sumatra. Akses kesana bisa melalui Banda Aceh. Sabang sekaligus menjadikan Indonesia tepat berada di titik nol kilometer. Di ujung lainnya ada Merauke, terletak di ujung paling timur Indonesia. Untuk mencapai kota Sabang, dari Bandara Sultan Iskandarmuda, bisa menuju Pelabuhan Ulee Lheue dengan labi-labi (sejenis angkutan kota di Aceh). Dari Pelabuhan Ulee Lheue menuju Pelabuhan Balohan. Ada 2 kapal untuk bisa sampai di Pelabuhan Balohan, yakni kapal cepat yang dapat ditempuh dengan waktu +/- 2 jam, satunya lagi dengan kapal feri yang dapat ditempuh dengan waktu +/- 45 menit. Di atas kapal, kita bisa sambil melihat pemandangan di selat malaka, dan kalau beruntung, akan ada lumba-lumba yang berenang dengan cantiknya di laut lepas.

Sampai di Pulau Weh, Sabang, ada beberapa spot wisata yang menarik untuk dikunjungi :

1.      Tugu 0 km. Terletak di ujung barat daya Pulau Weh, sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Akses menuju Tugu 0 km melalui jalan yang berliku, beberapa kali tanjakan dan turunan. Sesampainya di Tugu 0 km, kita akan disambut oleh sekawanan kera yang ‘agak’ usil. Karena itu, simpan semua perlengkapan ketika memasuki Tugu 0 km ini, termasuk kacamata juga kamera. Tapi biasanya kalau diberi makan, mereka akan langsung pergi.

2.      Pantai Iboih. Terletak +/- 50 km dari Pelabuhan Balohan. Pantai Iboih merupakan pantai yang sangat indah dengan hamparan pasir putih nya. Beberapa larangan ditetapkan di pantai ini. Seperti tidak boleh memakai bikini, tidak boleh ke pantai pada hari kamis dan jumat. Hal itu dikarenakan mayoritas penduduk Aceh beragama islam sehingga menetapkan larangan-larangan yang berbeda dari pantai lainnya.
3.      Pantai Rubiah. Letaknya berhadapan dengan Pantai Iboih. Pantai Rubiah disebut juga sebagai surga bawah laut nya Aceh. Dahulunya, tak jauh dari Pantai Rubiah ada tempat karantina haji yang diperuntukkan bagi jamaah haji sebelum diberangkatkan ke Mekkah. Itulah mengapa Aceh juga dijuluki sebagai ‘Kota Serambi Mekkah’.


4.      Pantai Kasih. Juga merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang indah. Uniknya ketika kita berada di Pantai Kasih, ketika jam sudah menunjukkan pukul 19:00, namun suasana nya masih seperti pukul 17:00. Jadi kita dapat mengambil momment sunset dengan sangat cantik di panai ini.

5.   Air Terjun Pria Laot. Letaknya terpencil di dalam hutan, kita harus trekking sekitar 15 menit untuk bisa sampai di Air Terjun Pria Laot ini. Air terjun yang masih sangat terjaga ini merupakan sebuah potensi alam yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika kita menyambai Pulau weh.






Sekian ulasan saya mengenai Pulau Weh. Berminat backpacker an kesana? Jangan lupa siapkan kamera yah untuk momment-momment sunset yang indah.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Copyright © 2013. Kitakemana.net - First Blog Portal and Travel News in Indonesia
Website Created by #gembelpacker
Powered by Blogger