Kamis, 08 Agustus 2013

Padang Sebagai Tujuan Wisata

Kamis, 08 Agustus 2013 | 23:33 WIB Redaksi: Bandotholic

VISIT PADANG



Padang merupakan Ibukota Propinsi Sumatera Barat dan pintu gerbang wisata di wilayah Barat Pulau Sumatera, terletak tepat di bagian tengah paling barat Pulau Sumatera atau pada 0058’ 44” LS dan 100 21’ 11” BT. Luas wilayah Kota Padang + 434,63 Km2, membujur dari kaki jajaran Bukit Barisan sampai ke Samudera Hindia dengan l9 buah pulau-pulau kecil. Sebagai kota pantai, suhu udaranya cukup panas berkisar 28,50 C – 31,50 C di siang hari dan 240 C – 25.50 C pada malam hari. Curah hujan rata-rata pertahun ¬+ 306 mm.
Tempat Wisata di Provinsi Sumatera Barat memiliki ragam lokasi wisata yang indah dan bisa dikatakan bertaraf Internasional. Objek wisata di Sumatera Barat dari mulai Wisata alam, Sejarah dan Budaya tersebar di berbagai Kabupaten Kota di Sumatera Barat. Ada kesan tersendiri jika Anda berwisata ke Provinsi Sumatera Barat sebagai tanah kelahiran Bung Hatta, Wakil Presiden pertama Republik Indonesia.

Dewasa ini, jumlah penduduk Kota Padang kurang lebih 800 ribu jiwa. Fakta ini menjadikan Kota Padang sebagai kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera. Meskipun kota ini dihuni oleh beragam suku bangsa namun mayoritas dari jumlah penduduknya adalah suku Minangkabau yang dikenal dengan sistim kekerabatan menurut garis keturunan ibu (matriachat) serta pemeluk agama Islam. Dalam berkomunikasi penduduk Kota Padang menggunakan Bahasa Minang sebagai bahasa lokal disamping Bahasa Indonesia. Tidak banyak perbedaan mendasar antara Bahasa Minang dengan Bahasa Indonesia, kecuali dialeknya. Sedangkan Bahasa Inggris dipakai oleh kalangan tertentu terutama untuk berko-munikasi dengan orang asing.
Saat ini Kota Padang yang terkenal dengan masakan Padangnya itu telah berkembang pesat dan penampilan fisik kota pun diwarnai oleh bangunan-bangunan perkantoran yang beratap khas Minangkabau (atap bagonjong). Meskipun ramai dan sibuk Kota Padang dinilai sebagai salah satu kota terbersih dan teraman di Indonesia.

Banyak hal yang menarik untuk ditelusuri di Kota yang penuh dengan banyak budaya ini, kebudayaan yang berkembang di Kota Padang sangat kuat kaitannya dengan Agama, namun perkembangan Kota ini tetap mengikuti modernisasi tanpa harus mengesampingkan dan tetap berpegang teguh pada nilai – nilai Agama.

Kota yang sangat Indah ini dengan berbagai macam destinasi wisata didalamnya mampu menarik minat banyak wisatawan baik lokal maupun asing, tempat wisata yang dimiliki di Padang meliputi Pegunungan, danau, pantai serta pulaunya yang sangat indah, walaupun Kota ini sempat diguncang sebuah peristiwa gempa yang hebat beberapa tahun sebelumnya, namun Kota Padang kembali mengeliat dan membangun kembali citranya sebagai Kota yang patut dan harus dikunjungi sebagai salah satu destinasi tujuan wisata di Indonesia.

Di Sumatera Barat, Anda bisa bersantai di Pulau Lengkuas yang tak berpenghuni dan serasa pulau pribadi. Selain itu, masih ada banyak lokasi wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Tidak salah lagi Sumatera Barat adalah destinasi wisata yang lengkap. Selain terkenal dengan wisata kuliner yang biasa disebut lamak bana, masih banyak kegiatan jalan-jalan liburan di Ranah Minang ini. Sumatera Barat, provinsi yang identik dengan empat kata berakhiran “ANG” : Padang, Minang, Jam Gadang dan Rendang, ini sedari dulu merupakan kawasan yang sangat mempesona.

Kata Padang, merujuk nama Ibu kota dari provinsi asal lagu Ayam Den Lapeh, sedang kata Minang adalah singkatan dari Minangkabau yang merupakan suku asli sekaligus mayoritas di Sumatera Barat. Selain empat kata populer dari Sumatera Barat, masih banyak lagi tempat wisata, wisata kuliner, maupun kebudayaan dari daerah asal rumah Gadang ini.

Untuk menyebut tempat-tempat wisata di Sumatera Barat yang sangat menarik untuk di kunjungi, sangatlah banyak, mulai dari ujung utara di kabupaten Pasaman hingga ujung selatan di kabupaten Pesisir Selatan. Berikut beberapa lokasi objek wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi jika Anda ingin berlibur di Ranah Minang.

Obyek / Tempat Wisata di Daerah Sumatera Barat

1. Tempat Wisata Danau Singkarak Di Sumatera Barat

Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah adalah tempat wisata danau di Sumatera yang terluas, dan terluas kedua di Pulau Sumatera, setelah Danau Toba. Lokasi Danau Singkarak ini terletak di pertengahan antara Kota Solok dan Kota Padang Panjang. Danau Singkarak yang terkenal dengan ikan Bilih ini juga terbilang cukup strategis jika anda ingin berkeliling ke beberapa objek wisata di Sumatera Barat.

2. Tempat Wisata Danau Maninjau Di Sumatera Barat

Danau Maninjau
Danau Maninjau merupakan danau yang cukup indah dan menarik tak heran Danau Maninjau di Sumatera Barat adalah salah satu dari danau yang paling menakjubkan di Indonesia. Lokasi Danau Maninjau terletak lebih kurang 36 km dari Kota Bukittinggi, dapat ditempuh dengan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan sebutan kelok 44 (kelok ampek-ampek).

Di Danau Maninjau ini juga telah tersedia fasilitas untuk berenang, memancing, sepeda air yang cukup mengasyikan serta terdapat juga hotel dan homestay yang cukup representative. Dengan pemandangan yang menyenangkan dan menenangkan hati, menginap di daerah Maninjau akan menjadi pengalaman yang mengesankan.
Desa Maninjau terletak di samping danau. Buya HAMKA, salah satu sastrawan terkenal di Indonesia, dilahirkan di Desa ini.

3. Objek Wisata Danau Atas Bawah Sumatera Barat

Danau Atas Bawah
Danau Atas Bawah atau yang dikenal dengan sebutan Danau kembar di Sumatera Barat. Objek Wisata Danau Atas Bawah ini berada di dekat Kota Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Danau Di Atas dan Danau Di Bawah terlihat unik karena berada lokasinya yang berdekatan. Bedanya hanya terletak pada ketinggian kedua danau tersebut. Danau Di Atas berada pada ketinggian 1.531 mdpl, sementara dan Danau Di Bawah berada pada ketinggian 1.663 mdpl.

Lokasi Danau Atas Bawah terletak di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok, berjarak kurang lebih 47 km dari Kota Solok dan 56 km dari Kota Padang. Untuk mengunjungi Danau ini anda dapat melakukan perjalanan dari Kota Padang ke rute Sitinjau Laut-Lubuk Selasih-Solok.

4. Jam Gadang Ikon kota Bukittinggi Sumatera Barat

Jam Gadang ( Bukit Tinggi )
Siapa yang tak kenal tempat wisata menarik di Sumatera Barat Jam Gadang ini. Jam Gadang sebagai landmark dan lambang kota Bukittinggi, merupakan bangunan menara yang tinggi menjulang dengan megahnya, beratapkan khas Minangkabau, terletak di tengah kota Bukittinggi. Dari puncak menara Jam Gadang kita dapat menikmati dan menyaksikan betapa indahnya alam di sekitar kota Bukittinggi yang dihiasi Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok. Selain itu, Jam Gadang juga berguna sebagai penuntun bagi masyarakat sekitar untuk mengetahui waktu. Hal yang unik pada Jam Gadang adalah angka 4 yang tertulis IIII.

5. Tempat Wisata Ngarai Sianok di Sumatera Barat

Ngarai Sianok
Objek Wisata Ngarai Sianok Sumatera Barat berada di perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, terpilih sebagai Objek Wisata Terbaik di Provinsi Sumatera Barat dan meraih penganugerahan Padang Tourism Award ( PTA ) 2007, karena mampu cepat pulih pascakerusakan berat akibat gempa 6,4 SR Maret 2007. Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang memiliki kedalaman sekitar 100 meter membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter, memanjang dan berkelok dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai daerah Palupuh, Agam serta memiliki pesona pemandangan yang indah. Keindahan alam Ngarai Sianok yang mempesona itu selalu diabadikan oleh wisatawan dengan mengambil foto-foto serta sebagai imajinasi bagi para pelukis.

6. Objek Wisata Istana Pagaruyung Di Sumatera Barat

Istana Pagaruyung
Tempat wisata Istano Pagaruyung terletak di Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar dengan jarak sekitar 5 kilometer dari Kota Batusangkar. Istana Pagaruyung menjadi objek wisata andalan Kabupaten Tanah Datar dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di dalam istana terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk.

Bangunan Istana Pagaruyung terdiri atas 11 gonjong, 72 tonggak, dan 3 lantai. Eksterior dan interiornya dilengkapi dengan beragam ukiran yang tiap-tiap bentuk dan warna ukirannya mempunyai falsafah sejarah dan budaya Minangkabau. Sementara di ruang tengah Istana Pagaruyung dipamerkan berbagai benda bersejarah seperti keramik peninggalan kerajaan Pagaruyung dan berbagai benda kerajinan tangan dari Minang.

7. Tempat Wisata Lembah Harau Sumatera Barat

Lembah harau
Objek wisata Lembah Harau Sumatera barat merupakan cagar alam dengan bukit kapur yang curam dengan ketinggian 100 sampai 150 m yang terletak 14 km dari Payakumbuh. Di Lembah Harau juga ditemui lima buah air terjun yang selalu mencurahkan airnya yang jernih. Di tempat wisata air terjun ini juga tersedia fasilitas untuk berkemah bagi wisata remaja dan kegiatan mengelilingi cagar alam melalui jalan setapak. Direncanakan cagar alam ini akan menjadi taman margasatwa yang pertama di luar Pulau Jawa.

8. Objek Wisata Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat

Pantai Pulau Sikuai
Tidak kalah dengan wisata pantai di Karimunjawa, Tempat wisata Pulau Sikuai di Sumatera Barat merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera hanya terletak sekitar setengah mil laut dari kota Padang dan dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit berangkat dari dermaga airud Bungus. Pengunjung pulau dapat menginap di hotel resort yang dilengkapi fasilitas hotel berbintang dua. Resort ini menyediakan 21 buah cottage dengan kapasitas sekitar 45 kamar. Selain menikmati keindahan pantai dan wisata bahari, trekking mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing juga dapat dilakukan oleh pengunjung Pulau Sikuai yang senang petualangan alam, dan juga water sport seperti surfing dan kegiatan olah raga air lainnya tersedia disini.

9. Lokasi Wisata Lembah Anai Sumatera Barat

Air Terjun Lembah Anai
Tempat wisata Lembah Anai adalah satu ikon pariwisata di provinsi Sumatera Barat. Lembah Anai terletak di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi, tepatnya di Nagarai Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, sekitar 38 km dari arah Batusangkar. Lembah Anai adalah kawasan konservasi cagar alam Lembah Anai yang di tetapkan semenjak kolonial Belanda. Cagar Alam Lembah Anai adalah kawasan hutan lindung yang berada di Sumatera Barat, kawasan ini memiliki hutan tropis yang lebat dengan beraneka jenis flora dan fauna. Keindahan alam serta flora dan fauna yang langka adalah daya tarik dari Lembah Anai, keindahan alam tersebut di antaranya terdapat tiga air terjun dan satu telaga yang airnya berwarna kebiru-biruan.

10. Wisata Belanja di Pandai Sikek Sumatera Barat

Pandai Sikek
Pandai Sikek dikenal sebagai daerah pusat kerajinan ukiran dan tenunan Kain Songket. Pandai Sikek terletak di kaki Gunung Singgalang lebih kurang 10 km sebelum memasuki kota Bukittinggi dengan pemandangan yang indah. Disini kita juga dapat melihat kehidupan masyarakat yang bertani secara tradisional. Desa ini memiliki 1000 buah alat tenun. Lukisan kayu dan perabot rumah tangga juga dibuat disini.

11. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis
Indonesia termasuk salah satu tempat di dunia yang mempunyai ombak terbaik untuk berselancar. Peselancar Asia saat ini termasuk yang terbaik dalam menaklukkan ombak-ombak yang tersebar di seluruh garis pantai Indonesia yang sangat luas. Masalahnya adalah, jika Anda seorang pemula, dimanakah Anda bisa belajar berselancar? Idealnya, Anda membutuhkan tempat yang bebas dari bahaya, rasa malu, juga instruktur yang sabar untuk membantu Anda untuk menguasai keterampilan ini.             

Air Manis di Sumatera Barat, sebuah teluk terpencil yang merupakan bagian dari pantai yang sangat lebar. Dikelilingi oleh perbukitan yang lebat. Hanya 30 menit perjalanan dari Padang, Air Manis merupakan tempat yang sempurna untuk pemula. Disini, ombak pecah di atas pasir empuk, dengan ketinggian 0,5 – 1,5 meter. Airnya bersih, walaupun tidak terlalu jernih kerena pasir halus yang terbawa oleh ombak. Selama musim selancar dari Februari sampai Oktober, Anda dapat berselancar sepanjang hari.

12. Pantai Padang (Taplau)

Pantai Padang
Pantai Padang Taplau berada di pusat kota Padang. Ke Padang, ibu kota Provinsi Sumatera Barat, dari luar Pulau Sumatera, bisa melalui pesawat menuju Bandara Internasional Minangkabau. Pantai Padang Taplau memang biasa dipadati masyarakat setempat maupun para pelancong yang kebetulan berwisata atau dalam rangka urusan bisnis di Padang. Pantai Padang Taplau menjadi temapat terbaik untuk menhilangkan penat. Di Pantai Padang Taplau kita dapat mengamati matahari yang perlahan-lahan turun. Lalu mulai menyentuh cakrawala dan menebar sinar terakhir. Kemudian, tanpa disadari, hari mulai gelap.

Pantai Padang Taplau memiliki garis pantai yang panjang. Di salah satu sisi, latar belakang laut dilengkapi dengan sebuah bukit yang disebut sebagai Gunung Padang. Pantai Padang Taplau juga memiliki beberapa warung tenda berdiri berjejer di tepi pantai, terutama pantai di depan Taman Budaya. Anda bisa menikmati minuman dingin berupa minuman bersoda dan kelapa muda. Sebagai teman minum, bisa beli kacang rebus ataupun telur rebus. Makan rujak khas Padang seru juga dinikmati di sore hari. Coba juga pisang bakar yang biasa dijual di Pantai Padang Taplau ini.

Di salah satu sisi Pantai Padang Taplau terdapat area bermain untuk anak-anak. Anda bisa mengajak si kecil untuk mencoba berbagai wahana permainan. Pun, naik mobil berbentuk kereta untuk menelusuri Pantai Padang Taplau. Sayangnya, Pantai Padang Taplau tak berpasir. Kalaupun ada, hanya tersisa sedikit di beberapa bagian. Pantai Padang Taplau ini telah mengalami abrasi menahun. Tembok batu menjadi pemisah antara laut dengan tepi jalan, sekalligus berfungsi sebagai pemecah ombak. Batu-batu karang dengan ukuran besar terdapat di sekitar bibir Pantai Padang Taplau.

                Itulah sedikit informasi yang bisa saya bagi sebagai penulis yang notabene juga berasal dari Kota yang sangat indah dan dipenuhi dengan Objek wisata alam ini, sebenarnya masih banyak tempat – tempat objek tujuan wisata yang bisa di temui di kota yang geografisnya dikelilingi oleh gunung, bukit – bukit dan laut sehingga menjadikan daerah ini memiliki tempat dengan tujuan wisata terbanyak di Indonesia.



0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Copyright © 2013. Kitakemana.net - First Blog Portal and Travel News in Indonesia
Website Created by #gembelpacker
Powered by Blogger