Jumat, 02 Agustus 2013

Ragam Kuliner Khas Indonesia Yang Mendunia

Jumat, 02 Agustus 2013 | 11:48 WIB Redaksi: Unknown

Indonesia, kaya akan makanan khas nya. Berbagai daerah di Indonesia masing-masing memiliki ciri khas makanan khas masing-masing. Banyak diantara makanan khas itu yang sudah mendunia dan jadi favorit untuk negara-negara lain. Berikut adalah ulasan untuk beberapa makanan Indonesia yang sudah mendunia :


1. Rendang
Sebenarnya rendang bukan merupakan makanan, melainkan sebuah teknik memasak. Memasak rendang adalah dengan digongseng atau ditumis. Rendang dari Indonesia menempati posisi pertama untuk makanan yang mendunia. Yang biasanya dijadikan rendang adalah daging sapi. Namun sebenarnya, ada beragam varian dari rendang lainnya, yaitu :
- Rendang telur
- Rendang lokan
- Rendang itiak
- Rendang belut
- Rendang jariang



2. Nasi goreng
Sesuai nama makanannya, dalam penyajiannya, nasi digoreng dan diberi bumbu. Kemudian bersamaan dengan digoreng nya nasi, ditambahkan pula telur, ayam suwir, bakso, sosis, udang, sawi, dan kol (untuk beberapa nasi goreng khas beberapa daerah di Indonesia, ada pula tambahan lainnya, seperti nanas, ikan teri, dan lainnya). Setelah dirasa semuanya meresap, nasi goreng dihidangkan dengan campuran acar dan kerupuk/emping. Di dunia, nasi goreng menempati urutan kedua setelah rendang.



3. Sate
Sate merupakan makanan khas berikutnya yang mendunia. Daging ayam, sapi, atau kerbau yang ditusuk dengan bambu runcing sebesar lidi, kemudian dibakar di atas bara api. Ketika dibakar, sate diberi bumbu yang dominan dengan bumbu kacang dan kecap. Penyajiannya dapat dinikmati dengan nasi ataupun lontong, juga taburan bawang goreng dan sambal. Saking mendunianya sate, ada presiden Amerika yang menyebutkan sate pada sebuah pidato nyadi Universitas Indonesia. Itulah mengapa sate masuk pada urutan ke 14 sebagai makanan Indonesia yang mendunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Copyright © 2013. Kitakemana.net - First Blog Portal and Travel News in Indonesia
Website Created by #gembelpacker
Powered by Blogger